Skip to main content

Materi Kuliah Pemograman Java (Pengenalan)


BAB I
PENGENALAN JAVA

1.1 Sejarah Singkat Java
Pada tahun 1996, Sun mengeluarkan JSDK (Java Software Development Kit),
kemudian secara berturut-turut:
Versi1.02
Versi 1.1
Versi 1.2
Versi 1.3
Versi 1.4

Java telah berkembang dari semula ditujukan untuk pemrograman applet yang berjalan di web browser menjadi bahasa pemrograman kelas dunia untuk pengembangan aneka ragam aplikasi komputer yang berjalan di bermacam-macam perangkat mulai dari handheld devices seperti, handphone, PDA (Personal Digital Assistant) sampai aplikasi tersebar skala enterprise di beragam komputer server. Java adalah bahasa berorientasi objek yang dapat digunakan untuk pengembangan aplikasi mandiri, aplikasi berbasis internet maupun intranet, serta aplikasi untuk perangkatperangkat cerdas yang dapat berkomunikasi lewat internet atau jaringan komunikasi.

1.2. Pengenalan Java
Dalam Java ada 2 jenis program berbeda, yaitu aplikasi dan applet. Keduanya merupakan bagian dari execute, dimana execute merupakan salah satu fase kelima dalam siklus program Java. Aplikasi adalah program yang biasanya disimpan dan dieksekusi dari komputer lokal. Applet adalah program yang biasanya disimpan pada komputer yang jauh,yang dikoneksikan pemakai lewat web browser. Komputer jauh menjalakan web server yang memberi layanan terhadap permintaan web browser. Kebanyakan bahasa pemrograman modern berdiri di atas pustaka-pustaka kelas yang telah ada untuk mendukung fungsionalitas bahasanya. Pada bahasa Java, kelompok-kelompok kelas yang berkaitan erat dimasukkan dalam satu paket, bervariasi sesuai edisi Java.
Java adalah bahasa yang dapat dijalankan dimanapun dan di sembarang platform apapun, di beragam lingkungan: Internet, intranets, consumer electronic products, dan computer applications.

Untuk beragam aplikasi yang dibuat dengan bahasa Java, Java dipaketkan dalam edisi-edisi berikut:
Java 2 Standar Edition (J2SE), J2SE menyediakan lingkungan pengembangan yang kaya fitur, stabil, aman, dan cross-platform. Edisi ini mendukung konektivitas basis data, rancangan user interface, masukkan/ keluaran (input/output), dan pemrograman jaringan (network programming), dan termasuk sebagai paket-paket dasar bahasa Java.
Java 2 Enterpise Edition (J2EE), J2EE menyediakan tempat untuk membangun dan menjalankan multitier enterprise editions. J2EE berisi paket paket di J2SE ditambah paket-paket untuk mendukung pengembangan Enterprise JavaBeans, Java Servlets, JavaServer Pages, XML, dan kendali transaksi yang fleksibel.
Java 2 Micro Edition (J2ME), J2ME selain menyedikan bahasa Java yang sama, unggul dalam portabilitas (kemampuan dapat dijalankan dimanapun), safe network delivery, seperti J2SE dan J2EE. Aplikasi-aplikasi dapat diskalakan (dimampukan) agar dapat bekerja dengan J2SE dan J2EE. J2ME adalah untuk beragam consumer electronic product, seperti pager, smart card, cell phone, handheld PDA, dan set-top box.
Ada 3 kombinasi kunci yang membuat Java menjadi teknologi yang secara fundamental berbeda dari yang lain, yang ada saat ini. Pertama, semua orang dapat menggunakan applet yang kecil, aman, dinamik, lintas-platform, aktif, dan siap dijalankan di jaringan sejak awal. Kedua, Java adalah bahasa pemrograman yang ampuh, memiliki kekuatan desain berorientasi objek dengan sintaks yang sederhana dan mudah dikenal. Ketiga, Java adalah kumpulan class object yang ampuh, yang melayani programmer dengan uraian yang jelas untuk banyak fungsi sistem umum, seperti pembuatan window, penggunaan jaringan, dan input/ output.

1.3 Beberapa Fitur-fitur Penting Dalam Bahasa Java
*Bahasa sederhana
Java dirancang untuk mudah dipelajari dan digunakan dengan secara efektif. Java tidak mendukung fitur-fitur rumit seperti:
1. Explicit pointer manipulation
2. Implicit type casting
3. Structures atau union
4. Operator overloading
5. Templates
6. Header files
7. Multiple inheritance

Rancangan bahasa Java telah berdasar teknologi yang telah terbukti dan dikembangkan di bahasa-bahasa pemrograman lainnya.

*Bahasa berororientasi objek
Java bukan turunan langsung dari bahasa pemrograman manapun, juga sama sekali tidak kompatibel dengan semuanya. Model objek Java adalah sederhana dan mudah dikembangkan, namun sejalan dengan itu, nilangan dan tipe data sederhana lain dianggap sebagai non-objek berkinerja tinggi.
OOP (object oriented programming) adalah cara ampuh dalam pengorganisasian dan pengembangan perangkat lunak. Pada OOP, program komputer sebagai sekelompok objek yang saling berinteraksi. Objek-objek ini ada secara secara independent yang mempunyai aturan-aturan berkomunikasi dengan objek lain dan untuk memerinthakan objek lain guna meminta informasi tertentu atau meminta objek lain mengerjakan sesuatu.

*Bahasa statically typed
Semua objek dideklarasikan terlebih dahulu sebelu m digunakan. Melalui fitur ini kode program lebih dapat dioptmasi untuk menghasilkanprogram berkinerja tinggi.

*Bahasa dikompilasi
Sebelum menjalankan program di bahasa Java, program dikompilasi menggunakan Java Compiler. Kompilais akan menghasilkan file “bytecode” yang serupa fungsinya dengan file kode mesin. Program “bytecode” yang dihasilkan dapat di eksekusi di sembarang Java Interpreter. Java Interpreter membaca file “bytecode” dan menterjemahkan perintah “bytecode” menjadi perintah-perintah bahasa mesin yang dapat di eksekusi mesin.

*Bahasa yang aman
Java menggunakan model pengamanan 3 lapis untuk melindungi sistem dari Untrusted Java Code.
Bytecode verifier membaca bytecode sebelum dijalankan dan menjamin bytecode memenuhi aturan-aturan dasar bahasa Java
Class loader menangani pemuatan kelas Java ke runtime interpreter.
Manajer keamanan menangani keamanan tingkat aplikasi dengan mengendalikan apakah program berhak mengakses sumber daya seperti sistem file, port jaringan, proses eksternal dan sistem windowing.
Selain itu Java menyediakan beragam teknik pengaman, yaitu:
1. Bahasa dirancang untuk mempersulit eksekusi kode perusak
2. Program Java dikompilasi menjadi serangkaian bytecode.
3. Java mempunyai pengamanan terhadap applet.

*Bahasa independen terhadap platform
Platform independence merupakan kemampuan program bekerja di sistem operasi atau sistem komputer berbeda. Bahasa Java adalah bahasa yang secara sempurna tidak bergantung platform.

*Bahasa multithreading
Thread adalah menyatakan program komputer melakukan lebih dari satu tugas di satu Waktu yang sama. Java menyediakan kakas untuk menulis program multithread, program mempunyai lebih dari 1 thread eksekusi pada saat yang sama sehingga memungkinkan program menagani beberapa tugas secara konkuren.

*Bahasa yang didukung garbage collector
Artinya, program tidak perlu menghapus sendiri objek-objek yang tidak digunakan lagi. Fasilitas ini mengurangi beban pengelolaan memori oleh pemrogram dan mengurangi atau mengeliminasi sumber kesalahan terbesar yang terdapat di bahasa yang memungkinkanalokasi dinamis.

*Bahasa yang tegar
Java interpreter memeriksa semua akses sistem yang dilakukan. Program java tidak dapat menyebabkan crash terhadap sistem. Java mempunyai mekanisme exception handling yang ampuh. Exception-handling menyediakan cara untuk memisahkan antara bagian penanganan kesalahan dengan bagian kode normal sehingga menuntun ke struktur kode program yang lebih bersih dan menjadikan aplikasi lebih tegar.


Selengkapnya bisa di Download disini

Comments

  1. izin mau copas sedikit artikelnya y mas admin ganteng,hehe..

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Membuat SMS Gateway Dengan Java dan Mysql (Making SMS GATEWAY with Java and Mysql) part1

source code bisa didownload disini mirror1 SMS (Short Messaging Services) Data SMS (Short Messaging Services) yang kita kirim atau yang kita terima sebenarnya memiliki format tersendiri untuk dapat diterjemahkan oleh sebuah mobile phone. Format atau mode yang dipakai untuk mengirim dan menerima SMS sebenarnya ada dua yaitu mode text dan mode PDU (Protocol Data Unit). Akan tetapi, sistem mode text tidak didukung oleh semua operator GSM maupun terminal. 1. Text Mode Mode ini adalah cara termudah untuk mengirim pesan. Pada mode teks pesan yang kita kirim tidak dilakukan konversi. Teks yang dikirim tetap dalam bentuk aslinya dengan panjang mencapai 160 (7 bit default alphabet) atau 140 (8 bit) karakter. Sesungguhnya, mode teks adalah hasil encode yang direpresentasikan dalam format PDU. Kelemahannya, kita tidak dapat menyisipkan gambar dan nada dering ke dalam pesan yang akan dikirim serta terbatasnya tipe encoding. 2. PDU (Protocol Data Unit) Mode PDU mode adalah format message dalam hek

Menampilkan Bilangan prima sebanyak N bilangan

Cara simpel aja kok untuk tampilin bilangan prima, nah langsung aja ke codenya: public class BilanganPrima{ /**Main method*/ public static void main(String[] args) { int jumBilPrima; int counter = 1; // Counter penghitung jumlah bilangan Prima int bilangan = 2; // Bilangan yang akan diperiksa, apakah // merupakan bilangan prima atau bukan. // Variabel ini diinisialisasi dengan 2 // karena merupakan bilangan Perima pertama. // Selanjutnya bilangan ini akan diupdate // dengan bilangan berikutnya (3,4,5,..) boolean testPrima = true; // Kondisi yang akan menyatakan // suatu bilangan sebagai Prima // atau bukan. System.out.println("\nPROGRAM MENCARI N BILANGAN PRIMA " + "PERTAMA"); System.out.println("----------------------------

Pemrograman Database Dengan Java dan Ms.Access

Download source code disini mirror1 Download data base disini mirror1 1. Membuat database dengan Access Tahapan dalam membuat database: 1. Buka Ms.Access anda 2. Pilih menu File --> New --> Blank Database 3. Pilih lokasi penyimpanan pada drive C: (anda boleh mengganti tempat penyimpanan sesuai dengan keingginan anda) 4. Buat Folder baru dengan nama Java-access 5. setelah folder tercipta, anda buat folder baru dengan nama database dalam forlder tsb. 6. Ubah file Name dengan data.mdb 2. Mendesign Tabel Untuk membuat table double klik pada Create table in Design View, seperti gambar diatas. a. tabel tbUser - ID (AUTONUMBER, PRIMARYKEY) - uSERNAME (TEXT 20) - PASSWORD (TEXT 20) b. tabel tbBarang - KODE_BRG (TEXT 6, PRIMARYKEY) - NAMA (TEXT 30) - HARGA (NUMBER) - JUMLAH (NUMBER) c. tabel tbTrans - KODE_TRANS (TEXT 10, PRIMARYKEY) - TANGGAL (DATE/TIME (SHORT DATE)) - USER (TEXT 20) d. tabel tbTransDetail - KODE_TRANS (TEXT 10) - KODE_BRG (TEXT 6) - JUMLA